Al-Batani Sebagai Ahli Astronomi

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ
Assalamualaikum Wr.Wb

Tahu kah kalian bahwa kaum muslim dahulu itu sangat hebat, bahkan salah satunya menjadi ahli astronomi di mana jaman teknologi canggih belum ada, dan ahli astronomi tersebut adalah Al-Batani.

Al Battani adalah seorang ahli astronomi dan matematikawan dari Arab. Al Battani, lahir di Harran dekat Urfa, Turki 850M. Dengan nama lengkap:Abū ʿAbdullāh Muammad ibn Jābir ibn Sinān ar-Raqqī al-arrani a-abiʾ al-Battānī. Namun, para penulis abad pertengahan lebih sering menyebutnya dengan nama Albetegni atau al-Batenus.
Ketertarikan al-Battani pada benda-benda langit membuatnya menekuni bidang astronomi. Ia mendapat pendidikan tersebut dari sang ayah, Jabir Ibn San’an al-Battani, yang juga seorang ilmuwan. Dengan kecerdasannya, al-Battani mampu menguasai semua pelajaran yang diberikan ayahnya dan menggunakan sejumlah peralatan astronomi dalam waktu yang cukup singkat.
Ia meninggalkan Harran menuju kota Raqqa yang terletak di tepi sungai Eufrat. Di kota ini, ia melanjutkan pendidikan dan mulai melakukan bermacam penelitian, yang kemudian menghasilkan sejumlah penemuan penting yang berguna bagi masyarakat. Pada tanggal 14 September 786, khalifah Harun al-Rasyid, khalifah kelima Dinasti Abbasiyah, membangun sejumlah istana di kota tersebut sebagai bentuk penghargaannya atas penemuan al-Battani. Usai pembangunan tersebut, kota Raqqa berubah menjadi pusat kegiatan ilmu pengetahuan dan perdagangan yang ramai.
Sebagai seorang ahli astronomi, al-Battani menghasilkan sejumlah penemuan astronomi yang penting bagi dunia.Ia  adalah ilmuan pertama yang mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan bumi untuk mengelilingi matahari, yaitu 365 hari 5 jam dan 46 menit dan 24 detik. Angka tersebut mendekati perhitungan para ilmuan modern yang melakukan percobaan dengan teknologi canggih yang dimana pada jaman Al-Batani.


Pada masanya AL-Batani adalah ilmuan satu-satunya yang dapat menyebutkan ukuran bulan dan matahari secara akurat. Al-Battani dianggap sebagai guru, terutama bagi orang-orang Eropa, karena ia banyak mengenalkan terminologi astronomi yang berasal dari bahasa Arab, seperti azimuth, zenith, dan nadir. Ia adalah penerus Al-Farghani.

Karya al-Battani yang sangat berpengaruh adalah Kitab Ma’rifat Matali al-Buruj fi ma Bayna Arba al-Falak, sebuah buku ilmu pengetahuan tentang zodiak dan pemecahan soal-soal astrologi. Selain itu, dikenal pula Risalah fi Tahkik Akdar al-Ittisalat, yaitu sebuah uraian mengenai sejumlah penemuan dan penerapan astrologi. Karya al-Battani lainnya adalah az-Zaujush li Battani (Almanak Versi al-Battani). Buku ini memuat enam puluh tema, seperti pembagian planet, lingkaran kecil yang mengitari lingkaran besar, garis orbit, dan sirkulasi peredaran planet. Di kemudian hari, buku ini disunting oleh Carlo Nallino dan disimpan di Perpustakaan Oskorial, Spanyol. Salah satu buku astronomi karya al-Battani yang juga terkenal adalah Kitab al-Zij. Pada abad XII, buku ini diterjemahkan dalam bahasa Latin dengan judul De Scienta Stellerum u De Numeris Stellerum et Motibus oleh Plato dari Tivoli. Terjemahan tertua dari karya tersebut masih tersimpan di Vatikan.


Sumber : Biografi Ilmuan Islam Dan Buku Biografi Para Ilmuan Islam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »