Jika Babi Diharamkan? Mengapa Babi Diciptakan?

Assalamualikum wr wb

Apa kabar kawan semua? semoga baik baik saja dan selalu sehat ya
seperti yang kalian lihat judul diatas mungkin dari beberapa orang kebanyakan belum pernah terpikirkan mengenai pertanyaan diatas tetapi jika kita berpikir kritis maka munculah pertanyaan "Mengapa babi diciptakan jika ia haram?"



Al Quran dengan tegas menyatakan haramnya daging babi. Bahkan, pengharaman babi disebutkan empat kali. Yakni di Surat Al Baqarah ayat 173, Surat Al Maidah ayat 3, surat Al An’am ayat 145 dan surat An Nahl ayat 115.

(Salah satu dari ayat diatas)

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالأزْلامِ ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لإثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ (٣)
"Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan.." (QS. 5:3).

Berdasarkan ayat tersebut maka umat muslim tidak diperkenankan mengkonsumsi daging babi. Selain itu, disini mengandung makna bahwa ternyata daging babi dilarang dikonsumsi karena mengandung berbagai jenis bakteri yg dapat merusak kesehatan manusia yg mengkonsumsinya.

Berikut beberapa penelitian fakta ilmiah tentang babi :
1). Babi dapat Menampung beberapa jenis cacing dan bakteri penyakit.
2). Daging babi terlalu empuk. Meskipun empuk dan terkesan lezat, namun karena terlalu empuk maka daging babi mengandung banyak lemak, yg mengakibatkan daging babi sulit dicerna.
3). Menurut Prof. A.V. Nalbandov (Penulis buku : Adap-tif Physiology on Mammals and Birds) menyebutkan bahwa kantung urine (vesica urinaria) babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dalam daging. Akibatnya, daging babi tercemar kotorannya sendiri yang mestinya dibuang bersama urine.
4). Babi merupakan pembawa penyakit Flu Babi (Swine Influenza).
5). Research ilmiah di Cina dan swedia menyimpulkan bahwa daging babi merupakan penyebab utama kanker anus dan usus besar.


Jadi jika diharamkan untuk apa babi diciptakan? Di antara hikmah penciptaan babi adalah:

1. Untuk menguji manusia

Babi yang diharamkan sebenarnya merupakan ujian untuk manusia seberapa ia patuh kepada Sang Pencipta. Manusia yang memakannya, maka ia tidak lulus dalam ujian itu. Manusia yang berpegang teguh pada larangan Allah dengan tidak memakannya, maka ia lulus dalam ujian itu.
الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا “Dialah (Allah) yang menciptakan mati dan hidup untuk menguji kalian siapakah di antara kalian yang paling baik amalnya.” (QS. Al Mulk: 2) 

2. Sarana meneguhkan manusia sebagai khalifatullah

Manusia adalah khalifatullah fil ardh yang bertugas memakmurkan bumi. Banyak hewan yang dikira tidak memiliki manfaat ternyata membuat manusia menjadi kreatif dan berdaya. Termasuk babi. Dengan adanya babi, manusia bisa mengetahui tentang berbagai (bibit) penyakit yang dibawa binatang itu dan tertantang untuk meneliti obatnya.

3. Sebagai pelajaran agar tidak menjadi sepertinya

Babi dikenal sebagai binatang yang malas, jorok dan rakus. Begitu joroknya babi, ia sampai memakan kotorannya sendiri. Bahkan, makanan yang akan ia makan kadang-kadang dikencingi dulu sebelum dilahap. Apapun makanan yang ada di depannya ia lahap dengan rakusnya

Terima kasih untuk kalian yang telah membaca artikel ini. Mudah mudahan bisa diambil hikmahnya dan dapat menambah wawasan islam kita

Wassalamualaikum wr wb

Source:
Instagram @loveislam.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »